kotak

SEGALA INFORMASI KAMI
UNTUK MENJALIN HUBUNGAN

GAYA HIDUP

4 CARA MELAKUKAN POLA HIDUP SEHAT SELAMA PANDEMI

17 Dec 2020

Menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat selama pandemi ini merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar penyakit yang ditimbulkan virus corona ini bisa dihindari. Namun tentunya harus dibarengi dengan mengikuti protokol kesehatan.Mengatur pola hidup sehat di masa pandemi ini memang sulit untuk dilakukan. Misalnya ketika hendak berolahraga diluar rumah, bersepeda, atau mungkin lari sore di sekitar rumah, maka kita harus menjalani dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.Namun yang namanya berolahraga bukan hanya soal kegiatan diluar rumah. Banyak kegiatan yang sebenarnya bisa mengganti olahraga dan juga menyehatkan. Ya, dari pada rebahan dirumah kita bisa membantu orang tua memasak, membersihkan rumah, atau mengumpulkan barang-barang dirumah Dan coba diperbaiki. Kegiatan-kegiatan yang disebut tadi walaupun bukan tergolong olahraga ternyata bisa membakar kalori yang cukup besar loh. Bahkan tidak kalah besar dibandingkan dengan bersepeda selama beberapa jam. Wow.

MENERAPKAN POLA HiDUP SEHAT SELAMA PANDEMi

Untuk kamu yang ingin tetap sehat selama masa pandemi ini, dan ingin daya tahan tubuh terjaga, serta ingin terhindar dari si menyebalkan Corona Virus, maka ada beberapa langkah sehat yang bisa dilakukan. Langkah tersebut diantaranya adalah :

1. KONSUMSi MAKANAN SEHAT

Ketika membeli makanan di luar maka sebenarnya higienitas dan sterilitas makanan bisa dipertanyakan. Selain itu, banyak makanan cepat saji yang sebenarnya tidak baik bagi tubuh. Masa pandemi ini bisa menjadi saat yang tepat untuk mencoba mulai masak sendiri makanan yang hendak dikonsumsi. Penelitian dari Harvard Health, jika kamu memasak, sekitar 75 kalori terbakar untuk mereka yang memiliki bobot tubuh 57kg, 93 kalori untuk berat badan 70kg, dan 111 kalori untuk mereka yang mempunyai berat badan 83kg. Kalori tersebut akan terbakar jika kita melakukannya selama 30 menit setiap harinya.Setelah memakan masakanmu kamu perlu mencuci piring kotor yang telah kamu gunakan, menggosok dan mencuci piring kotor bisa membakar sekitar 160 kalori per 30 menit. Menaruh piring dan gelas bersih kembali ke tempatnya bisa membakar 105 kalori, jika kamu bolak-balik melakukannya

2. BERSiH-BERSiH RUMAH

Debu dan kotoran yang menumpuk di rumah bisa menjadi tempat bersarangnya virus, bakteri, kuman, dan sumber penyakit lainnya. Selain itu debu dan kotoran juga bisa memancing datangnya asma. Oleh sebab itu, bersih-bersih bisa menjadi kegiatan sehat saat masa-masa pandemi seperti sekarang ini. Oh iya, kalori yang terbakar dari kegiatan bersih-bersih rumah cukup besar loh. Jadi selain bisa melakukan pola hidup sehat, melakukan kegiatan bersih-bersih cocok dilakukan oleh kamu yang sedang ingin diet atau membentuk tubuh ke penampilan lebih baik.Seberapa besar sih kalori yang terbakar dari bersih-bersih rumah? Pertama, menyapu lantai, ternyata kegiatan ini jika dilakukan selama 30 menit bisa membakar 136 kalori. Sementara itu, mengepel rumah selama 60 menit dapat membakar 400 kalori. Wow kan?Mau coba yang menyenangkan sambil membakar kalori? Bisa coba membersihkan pekarangan rumah dan mencoba berkebun. Penyiangan, menggali, memotong rumput, pemangkasan semak-semak bisa menghabiskan 325 kalori per jamnya. Menanam pohon dan bunga-bungaan, selain mempercantik teras rumahmu, juga membantu kamu membakar 250 kalori per jam.

3. SENAM ONLiNE

Tenang guys, kalau kamu ga bisa keluar rumah untuk olahraga kamu bisa melakukannya di rumah dengan cara nonton youtube dan mengikuti gerakannya. Kalori yang terbakarpun tetap sama seperti yang kamu lakukan di tempat gym atau tempat olahraga lainnya.Tapi jangan berlebihaan melakukan senam di rumah ya. Kalau bisa, pastikan ada orang di rumah yang bisa membantu jika terjadi sesuatu misalnya keram, atau keseleo. Jangan memaksakan diri mengikuti gerakan-gerakan senam jika badan sudah terasa sangat letih.

4. ISTiRAHAT YANG CUKUP

Kegiatan sepanjang hari tentu melelahkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga. Jangan sampai kita sudah menerapkan pola hidup sehat, namun badan kemudian drop karena kurang istirahat.Istirahat di sini meliputi makan ketika lapar, minum ketika haus, beristirahat sejenak ketika badan sudah dirasa lelah, dan tidur yang cukup dan tidak tidur terlalu larut.Istirahat sebagai pola hidup sehat selama pandemi bukan hanya soal rebahan dan tidur loh. Membaca buku dengan tenang, menonton televisi sambil bercengkerama dan ngobrol bersama keluarga juga merupakan kegiatan istirahat yang baik.Itulah beberapa tips melakukan pola hidup sehat selama pandemi untuk kesehatan tubuhmu yang bisa dilakukan di dalam rumah. Semua jumlah kalori yang ditulis di artikel ini hanya merupakan pedoman berdasarkan tolak ukur tubuh perempuan normal dengan berat badan 68 kg. Hasil bisa bervariasi tergantung pada intensitas, postur tubuh, dan berat badan kamu. Jangan lupa menjalankan protokol kesehatan agar kamu tetap sehat dan aman dari penyakit.